TABE SALAMAT LINGU NALATAI SALAM SUJUD KARENDEM MALEMPANG

KARUNGUT

KARUNGUT merupakan sebuah kesenian tradisional suku Dayak Ngaju, biasanya karungut diiringi dengan alat musik kecapi (alat musik tradisional yang dipetik). 


gambar kecapi

Seiring dengan perkembangan zaman, karungut pula dikemas dengan modern, diiringi dengan alat-alat musik seperti gitar, keybord, drum dll. tentunya modifikasi tersebut tidak mengurangai nilai keaslian/kemurnian karungut itu sendiri.
Karungut adalah salah satu kesenian tradisional yang komunikatif, karena pesan-pesan yang disampaikan dalam syair karungut sangat mudah diterima dan dimengerti bagi para penikmatnya.


video karungut


Kesenian Karungut hampir sama dengan kesenian sastra lisan lain di Indonesia. Seperti halnya kesenian Mahidin dari kalimantan selatan dan kesenian Macapat dari jawa tengah dan DIY. Yang membedakan dalam kesenian ini adalah cara penyampaian dalam bentuk bahasa dan musik yang di gunakan dalam pertunjukan kesenian tersebut. Kesenian Karungut mempunyai a makna yang sangat dalam untuk acara ritual dan untuk menyampaikan segala sesuatu yang sesuai dengan keperluannya. Dahulu Karungut sering di nyanyikan oleh para ibu saat menidurkan putra - putrinya. Dengan menyanyikan syair Karungut, secara tidak langsung isi dari syair yang di nyanyikan tersebut dapat tersampaikan dengan baik kepada putra - putrinya.

===bersambung===
Blog, Updated at: March 29, 2017

0 komentar:

Post a Comment

EMOSI DAN MOTIVASI BELAJAR

Perbuatan atau perilaku kita sehari-hari pada umumnya disertai oleh perasaan-perasaan tertentu, seperti perasaan senang. Perasaan s...

Total Pageviews

Popular Posts

Kumpulan Artikel

Followers

Search This Blog

Blog Archive

Powered by Blogger.

Terjemah Laman Ini