TABE SALAMAT LINGU NALATAI SALAM SUJUD KARENDEM MALEMPANG

DANDANG TINGANG

DANDANG TINGANG
Enggang atau Rangkong (bahasa Inggris: Hornbill) adalah sejenis burung yang mempunyai paruh berbentuk tanduk sapi tetapi tanpa lingkaran. Biasanya paruhnya itu berwarna terang. Nama ilmiahnya "Buceros" merujuk pada bentuk paruh, dan memiliki arti "tanduk sapi" dalam Bahasa Yunani.
Dalam tradisi adat dan budaya Kalimantan Tengah , burung Enggang atau masyarakat kalimantan menyebutnya dengan Burung Tingang merupakan hewan yang di anggap “suci”, begitupula halnya bagi masyarakat Suku Dayak yang menganut Agama Hindu Kaharingan Tingang Rangga Bapantung Nyahu (burung tingang) adalah  salah satu penciptaan Ranying Hatalla melalui perubahan wujud Luhing Pantung Tingang yang dipakai oleh Raja Bunu ketika ia menerima Danum nyalung Kaharingan belum (Air Suci Kehidupan).
Dalam ritual beragama, umat Hindu Kaharingan menggunakan Bulu Ekor Burung Tingang atau dalam bahasa Sangiang disebut Dandang Tingang. Penggunaan terebut biasanya dilakukan dalam kegiatan Basarah, Dandang Tingan di tancapkan tepat di tengah-tengah Sangku Tambak Raja yang merupakan sebagai salah satu sarana dalam kegiatan tersbut.

Mengantisipasi pelebaran pemahaman konsep, dalam penelitian ini Dandang Tingang yang dimaksud adalah merupakan bulu ekor Burung Tingang/Enggang yang digunakan sebagai salah satu sarana dalam persembahyangan Basarah yang dilakukan oleh umat Hindu Kaharingan di Desa Pundu Kecamatan Cempaga Hulu Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah.

bersambung
Blog, Updated at: March 28, 2017

1 komentar:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete

EMOSI DAN MOTIVASI BELAJAR

Perbuatan atau perilaku kita sehari-hari pada umumnya disertai oleh perasaan-perasaan tertentu, seperti perasaan senang. Perasaan s...

Total Pageviews

Popular Posts

Kumpulan Artikel

Followers

Search This Blog

Blog Archive

Powered by Blogger.

Terjemah Laman Ini